RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN LENGKAP PASCAL
23.57
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/ Semester :
XI/ 2
Sub Materi :
Hukum Pascal
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (90 menit)
A.
Kompetensi
Inti
KI
- 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI - 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI -
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
KI -
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator:
3.3. Menerapkan
hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
·
C1 :
Mendeskripsikan hukum pascal dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
C2 :
Menjelaskan tekanan pada fluida statik dalam ruang tertutup menggunakan hukum
pascal
·
C3 :
Menerapkan prinsip hukum Pascal untuk menyelesaikan persoalan fisika
4.3. Merencanakan
dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statis, berikut
presentasi hasil dan makna fisisnya
Indikator
:
·
C5
: Menyusun percobaan hukum pascal untuk menemukan kebenaran hukum pascal
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat mendeskripsikan hukum pascal dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat
2. siswa
dapat menjelaskan tekanan pada fluida statik dalam ruang tertutup menggunakan hukum
pascal dengan tepat
3.
Siswa
dapat menerapkan prinsip hukum Pascal untuk menyelesaikan persoalan fisika
4.
Siswa
dapat menyusun percobaan hukum pascal untuk menemukan kebenaran hukum pascal
dengan benar
D.
Materi
Pembelajaran
Hukum Pascal
Bunyi
hukum Pascal “ Tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruangan tertutup
akan diteruskan sama besar ke segala arah”. Hukum Pascal dapat dirumuskan
dengan
P1 = P2
Pada gambar diatas terlihat bahwa
tekanan yang diberikan pada piston bejana sebelah kiri akan menyebabkan tekanan
diteruskan oleh zat cair ke segala arah, termasuk ke dinding bejana dan piston
sebelah kanan. Oleh karena dinding bejana cenderung kaku, maka akibatnya piston
sebelah kanan mendapatkan tambahan tekanan yang ditimbulkan oleh piston sebelah
kiri. Tekanan pada penampang piston sebelah kiri nilainya sama dengan tekanan
pada penampang piston sebelah kanan.
Contoh peralatan yang memanfaatkan
hukum Pascal diantaranya pengangkat hidrolik atau dongkrak hidrolik. Penggunaan
pengangkat hidrolik bertujuan untuk memperoleh gaya yang besar dengan
memberikan sedikit gaya dan umumnya digunakan untuk mengangkat benda-benda yang
berat (misalnya mobil).
Jika pada penampang (penghisap) 1
yang mempunyai luas A1 diberikan gaya F1, maka tekanan dari gaya ini akan
diteruskan oleh zat cair dalam tabung pengangkat hidrolik ke penghisap 2 yang
memiliki luas permukaan A2 sehingga mengalami gaya F2. Menurut hukum Pascal,
tekanan yang diberikan pada penampang A1 akan sama besarnya dengan tekanan yang
dialami oleh penampang A2. Secara matematis dituliskan sebagai berikut.
Berdasarkan Gambar diatas terlihat
bahwa A2 > A1 sehingga gaya F1 yang diberikan pada penampang 1 akan
menghasilkan gaya F2 yang besarnya adalah A2/A1 kali dari F1, sehingga
berdasarkan prinsip inilah pengangkat hidrolik bekerja, yaitu dengan memberikan
gaya F1 yang relatif kecil akan menghasilkan gaya F2 yang besar sehingga mampu
mengangkat beban yang berat.
E.
Model
Pembelajaran
Guided Discovery Learning
F.
Alat dan
Bahan Pembelajaran
1.
Alat : LCD dan laptop
Botol
Mineral Bekas (di bentuk menjadi bejana berhubung)
Plastisin
(Beban)
Neraca
2.
Sumber belajar : Buku siswa
G.
Tahap-tahap
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
Menyampaikan motivasi dan
menyampaikan tujuan
pembelajaran (Fase 1)
1.
Guru menyapa siswa, menanyakan kesiapan siswa dan
memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran.
2.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran terkait materi
hukum Pascal dan hukum
Archimedes yang harus dicapai
siswa.
3. Guru menyajikan video
dan memberi pertanyaan awal
kepada siswa:
Pernahkan kalian melihat
seorang montir yang menambal
ban mobil yang pecah? Alat
apakah yang digunakan montir
tersebut untuk mengangkat
mobil?
|
1.
Siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran.
2.
Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru dengan seksama.
3.
Siswa mengamati video dengan seksama dan menjawab pertanyaan awal yang diberikan
|
5
menit
|
Inti
|
Mengumpulkan data (Fase 2)
4. Guru
memberikan handout
dan LKPD
5.
Guru membimbing siswa
melalui percobaan untuk membuat rumusan dan
menyunsun hipotesis.masalah terkait media yang
ditampilkan sebelumnya
6.
Guru membimbing siswa mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyelesaikan
masalah dengan meminta siswa
membaca buku siswa.
Menganalisis data (Fase 3)
7.
Guru membimbing siswa
melalui tayangan sebelumnya
yang dikaitkan dengan realita yang didapat untuk mengolah
dan menganalisis data.
8.
Guru membimbing siswa untuk
membuat kesimpulan hasil penemuan
9.
Guru memberi kesempatan kepada perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil penemuannya di depan kelas
10. Guru memberi kesempatan
kepada siswa lain untuk
mengajukan pertanyaan atau
saran perbaikan dengan
menggunakan tata bahasa yang
sopan dan benar.
11. Guru mengevaluasi kegiatan
penemuan dengan memberikan
permasalahan lanjutan berupa
soal yang ada di LKPD dan
membimbing siswa untuk
menyelesaikannya.
|
4. Siswa membaca
hand out dan LKPD dengan
seksama.
5. Siswa
membuat rumusan
masalah dan
hipotesis
6. Siswa mengumpulkan
data yang diperlukan
untuk menyelesaikan
masalah dengan
membaca buku siswa
dan menuliskan
jawaban di LKPD.
7. Siswa memperhatikan
tayangan media
kemudian mengolah dan menganalisis data
8. Siswa
dapat menarik kesimpulan
9. Perwakilan siswa
maju ke depan kelas
dan mempresentasi-
kan hasil
10. Siswa lain
memberikan
pertanyaan atau saran
perbaikan kepada
temannya
11. Siswa mengevaluasi
kegiatan penemuan
dengan mengerjakan
soal lanjutan yang ada
di LKPD dan
menuliskan jawaban
di LKPD
|
|
Penutup
|
12. Guru bersama siswa
memberikan kesimpulan terkait
materi hukum Pascal
13. Guru memberitahu siswa tentang
materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
12. Siswa memberikan
kesimpulan terkait
materi hukum Pascal
13. Siswa mendengarkan
pemberitahuan guru
dengan seksama.
|
H. Penilaian
1.
Lembar
Pengamatan Kegiatan Praktikum
Nama : ………………….
Kelas : ………………….
Judul Praktikum : .…………………
No
|
ASPEK KINERJA YANG DIHARAPKAN
|
PENILAIAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
PERSIAPAN
|
|||
1. Menggunakan jas
laboratorium
|
||||
2. Membawa alat dan bahan
praktikum
|
||||
3. Membersihkan alat-alat
yang akan digunakan
|
||||
4. Mengecek kesiapan alat
dan bahan
|
||||
5. Membaca prosedur kerja
|
||||
B
|
SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM
|
|||
A. Menggunakan Alat dan
Bahan
|
||||
1. Mengambil bahan tidak
berceceran
|
||||
2. Mengambil bahan sesuai
kebutuhan
|
||||
3. Mengoperasikan alat
dengan benar
|
||||
4. Menggunakan alat dan
bahan sesuai prosedur
|
||||
B. Sikap
|
||||
1. Fokus pada kegiatan
praktikum
|
||||
2. Aktif dalam melakukan
praktikum
|
||||
3. Bekerja sama dalam
kelompok
|
||||
C
|
KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM
|
|||
1.
Membersihkan alat dengan baik
2.
|
||||
3. Membersihkan meja
praktikum
|
||||
4. Mengembalikan alat ke
tempat semula
|
Berilah tanda centang di bawah kolom skor pada setiap poin :
5 , Jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat tepat
4 , Jika siswa melakukan aspek keterampilan tepat
3 , Jika siswa melakukan aspek keterampilan agak tepat
2 , Jika siswa melakukan aspek keterampilan kurang tepat
1 , Jika siswa melakukan aspek keterampilan tidak
tepat
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Tahap persiapan (Maksimal penilaian 25)
·
Menggunakan jas laboratorium
·
Membawa alat dan bahan praktikum
·
Membersihkan alat-alat yang akan digunakan
·
Mengecek kesiapan alat dan bahan
·
Membaca prosedur kerja
|
||
2
|
Tahap pelaksanaan (Maksimal penilaian 35)
Menggunakan Alat dan Bahan
Sikap
|
||
3
|
Tahap penutup (Maksimal penilaian 15)
|
No
|
Aspek
yang diamati
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mengidentifikasi variabel
|
||||
2.
|
Menganalisis data hasil percobaan
|
||||
3
|
Menyimpulkan hasil analisis
|
Rubrik
Penilaian kognitif
No
|
Aspek
yang diamati
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Mengidentifikasi variabel
|
Salah
mengidentifikasi variabel
|
Dapat
mengidentifikasi 1 variabel dengan benar
|
Dapat
mengidentifikasi 2 variabel dengan benar
|
Dapat
mengidentifikasi 3 variabel dengan benar
|
2.
|
Menganalisis data hasil percobaan
|
Tidak dapat Menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan pengaruh
|
Dapat menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan pengaruh, ada analisis yang tidak tepat
|
Dapat menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan
pengaruh, namun kurang tepat
|
Dapat menganalisis data hasil percobaan untuk menentukan
pengaruh dengan tepat dan benar
|
3
|
Menyimpulkan hasil analisis
|
Tidak dapat menyimpulkan hasil analisis
|
Dapat menyimpulkan hasil analisis tetapi tidak tepat
|
Dapat menyimpulkan hasil analisis namun kurang tepat
|
Dapat menyimpulkan hasil analisis dengan tepat
|
2.
Lembar
Penilaian Afektif
Nama : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Aspek yang
diamati
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Karakter
|
|||||
1.
|
Disiplin.
|
||||
2.
|
Aktif dalam
mengikuti KBM.
|
||||
3.
|
Objektif
dalam menyampaikan pendapat.
|
||||
Keterampilan Sosial
|
|||||
4.
|
Bekerja
sama dengan anggota kelompoknya dengan baik.
|
||||
5.
|
Menyampaikan
pendapat,tanggapan maupun sanggahan.
|
||||
6.
|
Mendengarkan
pendapat orang lain.
|
Rubrik
Penilaian Afektif
No
|
Aspek yang
diamati
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Karakter
|
|||||
1.
|
Disiplin.
|
Hadir di kelas
tepat waktu.
|
Hadir di
kelas,namun terlambat 5 menit.
|
Hadir di
kelas,namun terlambat 10 menit.
|
Hadir di
kelas,namun terlambat 15 menit.
|
2.
|
Aktif
dalam mengikuti KBM.
|
Mengajukan
pertanyaan dan menyampaikan pendapat serta menyampaikan tanggapan atas
pendapat siswa lain.
|
Mengajukan
pertanyaan dan menyampaikan pendapat akan tetapi tidak menyampaikan tanggapan
atas pendapat siswa lain.
|
Mengajukan
pertanyaan tanpa menyampaikan namun menyampaikan tanggapan atas pendapat
siswa lain.
|
Mengajukan
pertanyaan tanpa menyampaikan pendapat
serta tidak menyampaikan tanggapan atas pendapat siswa lain.
|
3.
|
Objektif
dalam menyampaikan pendapat.
|
Menyampaikan
pendapat secara objektif berdasarkan pemahaman sendiri dan menggunakan
referensi dari buku sebagai sumber yang relevan.
|
Menyampaikan
pendapat secara objektif berdasarkan pemahaman sendiri akan tetapi tidak
menggunakan referensi dari buku sebagai sumber yang relevan.
|
Menyampaikan
pendapat secara objektif akan tetapi tidak berdasarkan pemahaman sendiri
namun menggunakan referensi dari buku sebagai sumber yang relevan.
|
Menyampaikan
pendapat secara objektif akan tetapi tidak berdasarkan pemahaman sendiri dan
tidak menggunakan referensi dari buku sebagai sumber yang relevan.
|
Keterampilan Sosial
|
|||||
4.
|
Bekerja
sama dengan anggota kelompoknya dengan baik.
|
Bekerja
sama dalam pembagian kerja dengan baik,melaksanakan tugas masing-masing
berdasarkan pembagian kerja dan saling membantu antar anggota kelompok yang
mengalami kesulitan.
|
Bekerja
sama dalam pembagian kerja dengan baik,melaksanakan tugas masing-masing
berdasarkan pembagian kerja namun tidak saling membantu antar anggota
kelompok yang mengalami kesulitan.
|
Bekerja
sama dalam pembagian kerja dengan baik,tidak melaksanakan tugas masing-masing
berdasarkan pembagian kerja namun saling membantu antar anggota kelompok yang
mengalami kesulitan.
|
Bekerja
sama dalam pembagian kerja dengan baik,tidak melaksanakan tugas masing-masing
berdasarkan pembagian kerja dan tidak saling membantu antar anggota kelompok
yang mengalami kesulitan.
|
5.
|
Menyampaikan
pendapat,tanggapan maupun sanggahan.
|
Menyampaikan pendapat,tanggapan maupun sanggahan dengan
cara yang sopan dan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan.
|
Menyampaikan pendapat,tanggapan maupun sanggahan dengan cara yang sopan akan
tetapi menggunakan bahasa yang
menyinggung perasaan.
|
Menyampaikan pendapat,tanggapan maupun sanggahan akan
tetapi dengan cara yang tidak sopan namun menggunakan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan.
|
Menyampaikan pendapat,tanggapan maupun sanggahan akan
tetapi dengan cara yang tidak sopan dan menggunakan bahasa yang menyinggung
perasaan.
|
6.
|
Mendengarkan
pendapat orang lain.
|
Menyimak dan tidak
melakukan aktivitas lain yang tidak perlu saat siswa lain menyampaikan
pendapat serta tidak memotong pembicaraan orang lain.
|
Menyimak dan tidak
melakukan aktivitas lain yang tidak perlu saat siswa lain menyampaikan
pendapat akan tetapi memotong pembicaraan orang lain.
|
Menyimak namun
sambil melakukan aktivitas lain yang tidak perlu saat siswa lain menyampaikan
pendapat namun tidak memotong pembicaraan orang lain.
|
Menyimak namun
sambil melakukan aktivitas lain yang
tidak perlu saat siswa lain menyampaikan pendapat serta memotong pembicaraan orang lain.
|
3.
Lembar
Penilaian Afektif
Nama : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Aspek
yang diamati
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
|||
2.
|
Merangkai alat
|
|||
3
|
Melakukan percobaan
|
|||
4
|
Melakukan pengamatan
|
|||
5
|
Data yang diperoleh
|
|||
6
|
Laporan praktikum
|
Rubrik Penilaian
Psikomotor
No
|
Aspek
yang diamati
|
Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
Menyiapkan alat dan bahan praktikum dengan
lengkap sesuai dengan ketentuan percobaan
|
Menyiapkan alat dan bahan kurang lengkap.
Namun, sesuai ketentuan percobaan
|
Menyiapkan alat dan bahan tidak lengkap dan
tidak sesuai dengan ketentuan percobaan
|
2.
|
Merangkai alat
|
Merangkai alat sesuai rancangan percobaan
dengan benar dan rapi
|
Merangkai alat sesuai rancangan percobaan,
namun tidak dilakukan dengan rapi.
|
Merangkai alat tidak sesuai dengan
rancangan percobaan.
|
3
|
Melakukan percobaan
|
Melakukan percobaan sesuai dengan prosedur
yang telah ditentukan dan dengan memperhatikan variabel yang digunakan
|
Melakukan percobaan sesuai dengan prosedur
percobaan tanpa memperhatikan variabel yang digunakan
|
Melakukan percobaan tidak sesuai prosedur
dan tidak memperhatikan variabel yang digunakan
|
4
|
Melakukan pengamatan
|
Pengamatan dilakukan dengan cermat, tepat
dan bebas interpretasi
|
Pengamatan dilakukan dengan cermat, namun
mengandung interpretasi
|
Tidak melakukan pengamatan dengan cermat
|
5
|
Data yang diperoleh
|
Data lengkap dan sesuai dengan hasil
percobaan yang telah dilakukan.
|
Data lengkap dan tidak sesuai dengan hasil
percobaan yang telah diakukan.
|
Data tidak lengkap dan hasil tidak sesuai
dengan hasil percobaan telah dilakukan
|
6
|
Laporan praktikum
|
Disusun secara sistematis dan rapi.
|
Disusun secara sistematis, namun tidak
rapi.
|
Laporan tidak sistemastis dan tidak rapi
|
1 komentar
rapi sekali bagus kak laporannya
BalasHapusbiaya top up ovo