RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KONSEP K13
18.57
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri Ngoro Jombang
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/I (Satu)
Alokasi Waktu : 1 x 45 Menit ( 1 Pertemuan )
Topik : Gelombang
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator :
1.
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu : objektif,
jujur, teliti, cermat, tekun, skeptis, bertanggung jawab, terbuka, kritis,
inovatif, kreatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi.
3.
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
Indikator :
a) Mengidentifikasi karakteristik gelombang
secara umum
b) Mendeskripsikan karakteristik gelombang berdasarkan
arah perambatannya
c)
Menjelaskan komponen-koponen bentuk gelombang
d)
Menentukan
cepat rambat gelombang transversal
4.
Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui
percobaan
Indikator :
a)
Menggunakan
seperangkat alat percobaan gelombang
mekanik
b)
Menyajikan
data hasil percobaan.
c)
Mengolah
data pengukuran.
d)
Membuat
laporan tertulis hasil percobaan
e)
Mempresentasikan
hasil percobaan.
C.
Tujuan
1.
Siswa dapat mengidentifikasi
karakteristik gelombang melalui materi presentasi contoh dan non contah dengan baik dan benar
2.
Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik gelombang
berdasarkan
arah perambatannya melalui
pemberian
lab mini di kelas dengan baik dan benar
3.
Siswa dapat menjelaskan komponen
komponen gelombang melalui analisis gambar bentuk gelombang dengan baik dan
benar
4.
Siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang
tranversal dengan nilai data yang tersedia dengan benar melalui studi kasus
D.
Materi Pembelajaran
1. Definisi gelombang
Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat.
Gelombang mengangkut energy, tetapi tidak mengangkut materi, dari satu daerah
ke daerah lainnya.
2. Klasifikasi gelombang
· Menurut medium perambatannya, gelombang
diklasifikasikan menjadi dua, yaitu gelombang mekanik dan gelombang
elektromagnetik
1) Gelombang Mekanik
Gelombang mekanik
merupakan gelombang yang berjalan melalui zat perantara yang disebut medium.
2) Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik
merupakan gelombang yang energy dan momentumnya dibawa oleh medan magnet yang
didapat menjalar melalui vakum atau tanpa membutuhkan medium dalam perambatan
gelombangnya.
· Menurut arah getarnya, gelombang
diklasifikasikan menjadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang
longitudinal.
1) Gelombang Transversal
Gelombang transversal
merupakan gelombang dengan arah getarannya tegak lurus terhadap arah perambatan
gelombang. Dalam gelombang transversal adapun istilah-istilah penting yaitu
sebagai berikut.
a)
Puncak
gelombang, merupakan titik-titik tertinggi gelombang
b)
Dasar
gelombang, merupakan titik terendah gelombang
c)
Bukit
gelombang, merupakan lengkungan atas gelombang
d) Lembah gelombang, merupakan lengkungan
bawah gelombang
e)
Simpangan
merupakan jarak partikel yang dilalui gelombang terhadap titik seimbang
f)
Amplitudo
merupakan simpangan terbesar gelombang
g)
Panjang
gelombang merupakan jarak dua puncak berurutan.
2) Gelombang Longitudinal
Gelombang dengan arah
getarannya sejajar dengan arah perambatannnya. Contoh gelombang longitudinal
adalah gelombang bunyi, dan gelombang pada sebuah slinki.
3. Sifat-sifat gelombang
a. Pemantulan Gelombang (Refleksi)
Pemantulan
adalah peristiwa pengembalian seluruh atau sebagian dari suatu berkas
partikel atau gelombang bila berlkas tersebut bertemu dengan bidang batas
antara dua medium.
b.
Pembiasan
gelombang (Refraksi)
Perubahan arah
gelombang saat gelombang masuk ke medium baruyang mengakibatkan gelombang
bergerak dengan kelajuan yang berbedadisebut pembiasan. Pada pembiasan terjadi
perubahan laju perambatan. Panjang gelombangnya bertambah atau berkurang sesuai
denggan perubahan kelajuannya, tetapi tidak ada perubahan frekuensi.
c. Perpaduan gelombang
Interferensi gelombang adalah perpaduan dua gelombang ataulebih yang mempunyai fekuensi dan beda fase tetap. Interferensi gelombang
terjadi ketika ada dua gelombang yang bersatu
sehingga menghasilkan interferensi maksimum dan minimum.
d. Pelenturan gelombang
(difraksi)
Difraksi (lenturan) terjadi ketika gelombang melewati sebuah celah sempit. Difraksi
gelombang terjadi bila berkas gelombang melalui suatu celah sempit, sehingga gelombang akan
didifraksikan atau dibelokkan.
e.
Polarisasi
Polarisasi Gelombang: peristiwa berubahnya arah getar
hanya menjadi arah getaran tertentu saja.
f. Periode dan Frekuensi
Periode merupakan waktu yang diperlukan untuk menempuh satu
panjang gelombang. Sedangkan frekuensi merupakan banyaknya gelombang yang
terbentuk setiap sekon. Hubungan antara periode dan frekuensi yaitu sebagai
berikut
Keterangan:
T = periode (s)
f = frekuensi (Hz)
4.
Cepat
rambat gelombang
Cepat rambat gelombang
didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh gelombang selama satu sekon.
Keterangan:
v
= cepat rambat gelombang (m/s)
= panjang gelombang (m)
E.
Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran
Konseptual
Metode : Diskusi, Presentasi dan Tanya Jawab
F.
Langkah-langkah pembelajaran
Jenis Tahapan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
||||||||||||||||||||||||
Pembuka
|
· Guru membuka kelas dan mengucapkan salam
· Guru mengecek kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran fisika
· Memotivasi siswa dengan memberikan tayangan yang berhubungan dengan materi yang akan
diajarkan
· Guru
memberitahu siswa aturan dalam pembelajaran konsep
|
· Siswa menjawab salam
· Siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti
pembelajaran fisika
· Siswa memperhatikan demonstrasi yang
dilakukan oleh guru
· Siswa memperhatikan tujuan pembelajaran
yang disampaikan oleh guru
|
10 menit
|
||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
Fase 1 : Menampilkan
contoh dan non contoh
· Guru
menampilkan gambar
contoh dan non contoh
·
Guru membentuk
beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang gambar contoh dan non contoh
·
Guru
membagikan LKPD yang berisi contoh dan non contoh untuk dianalisis oleh
masing-masing kelompok
|
· Siswa memperhatikan gambar yang
ditampilankan
·
Siswa membentuk kelompok 2-3 orang
·
Siswa bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok untuk
menganalisis gambar contoh dan non contoh
|
30 menit
|
||||||||||||||||||||||||
Fase 2 : Menganalisis Hipotesis
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berhipotesis tentang contoh dan non contoh karakteristik gelombang
· Guru mempersilahkan siswa untuk
mempresentasikan hasil analisis hipotesis didepan kelas
·
Guru
membimbing siswa untuk menyebutkan karakteristik gelombang berdasarkan contoh
dan non contoh yang dipresentasikan
|
· Siswa dapat mengidentifi kasi karakteristik gelombang
berdasarkan
contoh dan non contoh beserta alasan pendukung serta siswa dapat menganalis
hipotesis pengamatan
· mampu
mempresentasikan hasil pengamatan tersebut
·
Siswa dengan aktif menyebutkan karakteristik gelombang
|
||||||||||||||||||||||||||
Fase 3 : Penutup
·
Guru menjelaskan komponen
komponen
gelombang
melalui analisis gambar bentuk gelombang
|
·
Siswa memperhatikan penjelasan
tentang komponen- komponen
gelombang
melalui
analisis
gambar bentuk gelombang dengan baik dan benar serta dapat menentukan
cepat rambat gelombang
transversal dan
longitudinal dengan baik dan
benar
|
||||||||||||||||||||||||||
Fase 4 : Penerapan
·
Guru meminta siswa menyebutkan contoh gelombang
dalam kehidupan nyata secara bergantian
|
· Siswa secara bergantian menyebutkan contoh-contoh
gelombang dalam kehidupan nyata
|
||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
·
Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam
|
Siswa membalas salam
|
5 menit
|
G. Penilaian
Aspek
Yang Dinilai
|
Instrumen
|
1. Pengetahuan
|
Lembar Evaluasi Siswa
|
2. Sikap
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
3. Keterampilan
|
Lembar pengamatan keterampilan dan
rubrik
|
PENILAIAN
KOGNITIF
TES TERTULIS
A.
Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling
tepat!
1.
Menurut medium perambatannya gelombang dibagi
menjadi 2 bagian yaitu
a. gelombang transversal dan gelombang mekanik
b. gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik.
c. gelombang transversal dan gelombang longitudinal
d. gelombang radio dan gelombang transversal
2.
Yang termasuk dalam gelombang transversal
yaitu
a. gelombang cahaya
b. gelombang bunyi
c. gelombang pada riak air.
d. gelombang televisi
3.
Banyak getaran yang dilakukan dalam waktu satu
sekon desebut
a. frekuensi
b. amplitudo
c. periode
d. simpangan
4.
Pelangi merupakan salah satu fenomena alam
yang terjadi karena
a. pemantulan gelombang
b. pembiasan gelombang.
c. perpaduan gelombang
d. lenturan gelombang
5.
Sebuah benda dapat bergetar sebanyak 3.250
kali dalam waktu 25 sekon. Frekuensi getaran benda tersebut sebesar…
a. 130 Hz.
b. 115 Hz
c. 0,25 Hz
d. 0,007 Hz
6.
Sebuah benda mampu bergetar sebanyak 95 kali
dalam waktu 25 sekon. Besar periode getaran benda tersebut adalah …
a. 0,26 sekon.
b. 0,38 sekon
c. 0,45 sekon
d. 0,55 sekon
7.
Sebuah sumber getar, bergetar dengan frekuensi
90 Hz. Jika panjang gelombang yang terpancar 7 meter, cepat rambat gelombang
tersebut adalah …
a. 530 m/s
b. 560 m/s
c. 630 m/s.
d. 660 m/s
8.
Jarak antara rapatan dan renggangan suatu
gelombang longitudinal yang mempunyai periode 2 sekon adalah 20 m, cepat rambat
gelombang tersebut adalah…
a. 25 m/s
b. 20 m/s.
c. 35 m/s
d. 45 m/s
9.
Keistimewaan gelombang elektromagnetik adalah
…
a. mempunyai amplitudo
b. terdiri dari rapatan dan renggangan
c. dapat melalui ruang hampa.
d. Memerlukan medium
10. Pengertian gelombang adalah …
a. gerak getaran tali
b. getaran bunyi yang terdengar
c. gerak ombak laut
d. getaran yang merambat.
B. ESSAY
1.
Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat gelombang!
2.
Sebuah pemancar radio dengan panjang gelombang
75 m, cepat rambatnya sebesar 3 x 108 m/s. Hitung frekuensinya!
3.
Sebuah pemancar mengudara dengan frekuensi 3
Mhz, jika cepat rambat gelombang radio 3 x 108 m/s, berapakah
panjang gelombang radio tersebut!
JAWABAN TES TERTULIS
A.
Pilihan Ganda
1. B
2. C
3. A
4. B
5. A
6. A
7. C
8. B
9. C
10.
D
B. ESSAY
1.
Sifat-sifat
gelombang
a. Pemantulan Gelombang (Refleksi)
Pemantulan adalah peristiwa pengembalian seluruh
atau sebagian darisuatu berkas partikel atau gelombang bila berlkas tersebut bertemu
dengan bidang batas antara dua medium.
b.
Pembiasan
gelombang (Refraksi)
Perubahan arah gelombang saat gelombang masuk ke
medium baruyang mengakibatkan gelombang bergerak dengan kelajuan yang berbeda disebut
pembiasan.
c. Perpaduan gelombang
Interferensi gelombang terjadi ketika ada dua
buah gelombang yang bersatu
(berpadu) Pelenturan gelombang
(difraksi)
Difraksi (lenturan) terjadi ketika gelombang melewati sebuah celah
sempit.
2.
Diketahui :
Ditanya : f = ...?
Jawab :
3.
Diketahui:
;
Ditanya :
Jawab :
Penilaian Kognitif
Teknik
Penilaian : tes tertulis
Bentuk
Instrumen : soal pilihan ganda dan
essay
KD
|
Indikator
|
NS
|
Soal
|
Ranah Kognitif
|
KJ
|
1.1Mendeskripsikan
gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
|
Siswa
dapat mendefinisikan perbedaan gelombang transversal dan gelombang
longitudinal
|
1.
|
Pengertian gelombang
adalah …
|
C1
|
(d)
|
2.
|
Menurut medium
perambatannya gelombang dibagi menjadi 2 bagian yaitu…
|
C2
|
(b)
|
||
3.
|
Yang termasuk dalam
gelombang transversal yaitu…
|
C1
|
(c)
|
||
4.
|
Banyak getaran yang
dilakukan dalam waktu satu sekon disebut…
|
C2
|
(a)
|
||
Siswa
dapat menjabarkan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang
elektromagnetik
|
5.
|
Keistimewaan gelombang
elektromagnetik adalah …
|
C2
|
(c)
|
|
Siswa
dapat memberikan contoh sifat-sifat gelombang serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
6.
|
Pelangi merupakan salah
satu fenomena alam yang terjadi karena…
|
C3
|
(b)
|
|
Siswa
dapat menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan
gelombang
|
7.
|
Sebuah benda dapat
bergetar sebanyak 3.250 kali dalam waktu 25 sekon. Frekuensi getaran benda
tersebut sebesar…
|
C4
|
(a)
|
|
8.
|
Sebuah benda mampu
bergetar sebanyak 95 kali dalam waktu 25 sekon. Besar periode getaran benda
tersebut adalah …
|
C4
|
(a)
|
||
9.
|
Sebuah sumber getar,
bergetar dengan frekuensi 90 Hz. Jika panjang gelombang yang terpancar 7
meter, cepat rambat gelombang tersebut adalah …
|
C4
|
(c)
|
||
10.
|
Jarak antara rapatan dan
renggangan suatu gelombang longitudinal yang mempunyai periode 2 sekon adalah
20 m, cepat rambat gelombang tersebut adalah…
|
C4
|
(b)
|
||
1.
|
Sebutkan dan jelaskan
sifat-sifat gelombang!
|
C1
|
|||
2.
|
Sebuah pemancar radio
dengan panjang gelombang 75 m, cepat rambatnya sebesar 3 x 108
m/s. Hitung frekuensinya!
|
C6
|
|||
3.
|
Sebuah pemancar mengudara
dengan frekuensi 3 Mhz, jika cepat rambat gelombang radio 3 x 108
m/s, berapakah panjang gelombang radio tersebut!
|
C6
|
Penilaian
sikap
Instrumen Penilaian Sikap
No urut
|
Nama
siswa
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||||||||||
Kehadiran
|
Kerjasama
|
Pengumpulan
tugas
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
Rubrik
Penilaian Sikap
a. Kehadiran
4 : sangat tepat
waktu (sebelum pelajaran dimulai sudah hadir)
3 : tepat waktu
(hadir tepat saat pelajaran dimulai)
2 : kurang tepat
waktu (terlambat kurang dari 10 menit)
1 : tidak tepat
waktu (terlambat lebih dari 10 menit)
b. Kerja sama
4: sangat kompak,
sangat menghargai pendapat teman
3: kompak,
menghargai pendapat teman
2 : kurang kompak,
kurang menghargai pendapat teman
1: tidak kompak,
tidak menghargai pendapat teman
c. Pengumpulan tugas
4: sangat tepat
waktu (mengumpulkan tugas sebelum waktu habis)
3: tepat waktu
2: kurang tepat
waktu (terlambat mengumpulkan tugas kurang dari satu hari)
1: tidak tepat waktu (terlambat lebih dari 1
hari
Petunjuk penilaian
Nilai =
x100
Nilai =
x100
Instrumen
Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan
Aspek
yang dinilai
(skor
maksimum)
|
Siswa
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Siswa
ke-n
|
|
1. Menyiapkan
bahan pembelajaran (20)
|
||||||
2. Presentasi
(40)
|
||||||
3. Menganalisis
hasil diskusi (20)
|
||||||
4. Aktif
berpendapat (20)
|
||||||
Skor
total (100)
|
Rubrik penilaian
ketrampilan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaian/Skor
|
||
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||
1
|
Menyiapkan
bahan pembelajaran.
|
Menyiapkan
bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran dengan lengkap.
|
Menyiapakan
bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, kurang lengkap.
|
Menyiapkan
bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, tidak sesuai dengan
materi yang akan dipelajari.
|
2
|
Presentasi
|
Melakukan
presentasi hasil diskusi. Dengan lengkap dan sesuai dengan materi.
|
Melakukan
presentasi hasil diskusi. Namun, hasil diskusi yang dilakukan kurang lengkap.
|
Melakukan
presentasi hasil diskusi. Namun, pekerjaannya tidak sesuai dengan materi.
|
3
|
Menganalisis
|
Menganalisis
hasil diskusi yang telah dilakukan dengan lengkap dan sesuai dengan konsep
yang telah dipelajari.
|
Menganalisis
hasil diskusi yang telah dilakukan.
Namun, kurang lengkap.
|
Menganalisis
hasil diskusi yang telah dilakukan. Namun, tidak sesuai dengan konsep yang telah
dipelajari.
|
4
|
Aktif
berpendapat
|
Sering
memberikan pendapat dalam suatu diskusi kelompok maupun kelas.
|
Cukup
sering memberikan pendapat dalam suatu diskusi kelompok maupun kelas.
|
Memberikan
pendapat dalam suatu diskusi kelompok maupun kelas. Namun, hanya kadang
kadang.
|
Petunjuk penilaian
Nilai
=
x100
Nilai
=
x100
Surabaya, Maret 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Fisika
.................................. ..................................
NIP
:
NIP :
1 komentar
makasih membantu sekali kak
BalasHapuspromo jsm alfamart