RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KONSEP K13

18.57



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                : SMA Negeri Ngoro Jombang
Mata Pelajaran               : Fisika
Kelas/Semester              : XII/I (Satu)
Alokasi Waktu               : 1 x 45 Menit ( 1 Pertemuan )
Topik                              : Gelombang
  

A. Kompetensi Inti
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah   lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi  Dasar dan Indikator   :
1.      Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu : objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, skeptis, bertanggung jawab, terbuka, kritis, inovatif, kreatif, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi.
3.      Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum

Indikator :
a)    Mengidentifikasi karakteristik gelombang secara umum
b)   Mendeskripsikan karakteristik gelombang berdasarkan arah perambatannya
c)    Menjelaskan komponen-koponen bentuk gelombang
d)   Menentukan cepat rambat gelombang transversal
4.      Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
Indikator :
a)      Menggunakan seperangkat alat percobaan gelombang mekanik
b)      Menyajikan data hasil percobaan.
c)      Mengolah data pengukuran.
d)     Membuat laporan tertulis hasil percobaan
e)      Mempresentasikan hasil percobaan.
C.           Tujuan
1.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik gelombang melalui materi presentasi contoh dan non contah dengan baik dan benar
2.      Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik gelombang berdasarkan arah perambatannya melalui pemberian lab mini di kelas dengan baik dan benar
3.      Siswa dapat menjelaskan komponen komponen gelombang melalui analisis gambar bentuk gelombang dengan baik dan benar
4.      Siswa dapat menentukan cepat rambat gelombang tranversal dengan nilai data yang tersedia dengan benar melalui studi kasus

D.           Materi Pembelajaran
1.    Definisi gelombang
Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat. Gelombang mengangkut energy, tetapi tidak mengangkut materi, dari satu daerah ke daerah lainnya.
2.    Klasifikasi gelombang
·      Menurut medium perambatannya, gelombang diklasifikasikan menjadi dua, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik



1)      Gelombang Mekanik
Gelombang mekanik merupakan gelombang yang berjalan melalui zat perantara yang disebut medium.
2)      Gelombang Elektromagnetik
Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang energy dan momentumnya dibawa oleh medan magnet yang didapat menjalar melalui vakum atau tanpa membutuhkan medium dalam perambatan gelombangnya.

·      Menurut arah getarnya, gelombang diklasifikasikan menjadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
1)      Gelombang Transversal
Gelombang transversal merupakan gelombang dengan arah getarannya tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Dalam gelombang transversal adapun istilah-istilah penting yaitu sebagai berikut.
a)        Puncak gelombang, merupakan titik-titik tertinggi gelombang
b)        Dasar gelombang, merupakan titik terendah gelombang
c)        Bukit gelombang, merupakan lengkungan atas gelombang
d)       Lembah gelombang, merupakan lengkungan bawah gelombang
e)        Simpangan merupakan jarak partikel yang dilalui gelombang terhadap titik seimbang
f)         Amplitudo merupakan simpangan terbesar gelombang
g)        Panjang gelombang merupakan jarak dua puncak berurutan.
2)      Gelombang Longitudinal
Gelombang dengan arah getarannya sejajar dengan arah perambatannnya. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi, dan gelombang pada sebuah slinki.

3.      Sifat-sifat gelombang
a.    Pemantulan Gelombang (Refleksi)
Pemantulan adalah peristiwa pengembalian seluruh atau sebagian dari suatu berkas partikel atau gelombang bila berlkas tersebut bertemu dengan bidang batas antara dua medium.

b.    Pembiasan gelombang (Refraksi)
Perubahan arah gelombang saat gelombang masuk ke medium baruyang mengakibatkan gelombang bergerak dengan kelajuan yang berbedadisebut pembiasan. Pada pembiasan terjadi perubahan laju perambatan. Panjang gelombangnya bertambah atau berkurang sesuai denggan perubahan kelajuannya, tetapi tidak ada perubahan frekuensi.
c.    Perpaduan gelombang
         
Interferensi gelombang adalah perpaduan dua gelombang ataulebih yang mempunyai fekuensi dan beda fase tetap. Interferensi gelombang terjadi ketika ada dua gelombang yang bersatu sehingga menghasilkan interferensi maksimum dan minimum.

d.   Pelenturan gelombang (difraksi)
       
 

Difraksi (lenturan) terjadi ketika gelombang melewati sebuah celah sempit. Difraksi gelombang terjadi bila berkas gelombang melalui suatu celah sempit, sehingga gelombang akan didifraksikan atau dibelokkan.
e.    Polarisasi
Polarisasi Gelombang: peristiwa berubahnya arah getar hanya menjadi arah getaran tertentu saja.
 
         
f.     Periode dan Frekuensi
Periode merupakan waktu yang diperlukan untuk menempuh satu panjang gelombang. Sedangkan frekuensi merupakan banyaknya gelombang yang terbentuk setiap sekon. Hubungan antara periode dan frekuensi yaitu sebagai berikut
Keterangan:
T = periode (s)
f = frekuensi (Hz)
4.        Cepat rambat gelombang
Cepat rambat gelombang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh gelombang selama satu sekon.
Keterangan:
v = cepat rambat gelombang (m/s)
      = panjang gelombang (m)
E.           Metode Pembelajaran
Model :      Pembelajaran Konseptual
Metode :      Diskusi, Presentasi dan Tanya Jawab




F.            Langkah-langkah pembelajaran
Jenis Tahapan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Pembuka
·     Guru membuka kelas dan mengucapkan salam
·     Guru mengecek kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran fisika

·      Memotivasi siswa dengan memberikan tayangan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan


·      Guru memberitahu siswa aturan dalam pembelajaran konsep

·      Siswa menjawab salam

·      Siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran fisika

·      Siswa memperhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh guru




·      Siswa memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru

10 menit





Kegiatan Inti

Fase 1 : Menampilkan contoh dan non contoh
·      Guru  menampilkan gambar contoh dan non contoh
Benda
Kategori

Gitar
Contoh

Microphone
Non Contoh

Jam Dinding
Non Contoh

Gelombang Air
Contoh

Slinki
Contoh

Pegas
Non Contoh     
Ombak
Contoh


·         Guru membentuk beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang gambar contoh dan non contoh

·         Guru membagikan LKPD yang berisi contoh dan non contoh untuk dianalisis oleh masing-masing kelompok



·      Siswa memperhatikan gambar yang ditampilankan









·         Siswa membentuk kelompok 2-3 orang

·         Siswa bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok untuk menganalisis gambar contoh dan non contoh
30 menit



Fase 2  :  Menganalisis Hipotesis
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berhipotesis tentang contoh dan non contoh karakteristik gelombang



·      Guru mempersilahkan siswa untuk mempresentasikan hasil analisis hipotesis didepan kelas

·         Guru membimbing siswa untuk menyebutkan karakteristik gelombang berdasarkan contoh dan non contoh yang dipresentasikan



·      Siswa dapat mengidentifi kasi karakteristik gelombang berdasarkan contoh dan non contoh beserta alasan pendukung serta siswa dapat menganalis hipotesis pengamatan
·      mampu mempresentasikan hasil pengamatan tersebut

·         Siswa dengan aktif menyebutkan karakteristik gelombang
Fase 3 : Penutup
·         Guru menjelaskan komponen komponen 
gelombang melalui analisis gambar bentuk gelombang


·         Siswa memperhatikan penjelasan tentang komponen- komponen
gelombang melalui
analisis gambar bentuk gelombang dengan baik dan benar serta dapat menentukan
cepat rambat gelombang transversal dan longitudinal dengan baik dan benar
Fase 4 : Penerapan
·           Guru meminta siswa menyebutkan contoh gelombang dalam kehidupan nyata secara bergantian

·      Siswa secara bergantian menyebutkan contoh-contoh gelombang dalam kehidupan nyata

Penutup
·      Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucap salam
Siswa membalas salam
5 menit

G.     Penilaian
Aspek Yang Dinilai
Instrumen
1.      Pengetahuan
Lembar Evaluasi Siswa
2.      Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
3.      Keterampilan
Lembar pengamatan keterampilan dan rubrik

PENILAIAN KOGNITIF
TES TERTULIS
A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!       
1.        Menurut medium perambatannya gelombang dibagi menjadi 2 bagian yaitu
a.    gelombang transversal dan gelombang mekanik
b.    gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik.
c.    gelombang transversal dan gelombang longitudinal
d.   gelombang radio dan gelombang transversal
2.        Yang termasuk dalam gelombang transversal yaitu
a.       gelombang cahaya
b.      gelombang bunyi
c.       gelombang pada riak air.
d.      gelombang televisi
3.        Banyak getaran yang dilakukan dalam waktu satu sekon desebut
a.       frekuensi
b.      amplitudo
c.       periode
d.      simpangan
4.        Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena
a.       pemantulan gelombang
b.      pembiasan gelombang.
c.       perpaduan gelombang
d.      lenturan gelombang
5.        Sebuah benda dapat bergetar sebanyak 3.250 kali dalam waktu 25 sekon. Frekuensi getaran benda tersebut sebesar…
a.       130 Hz.
b.      115 Hz
c.       0,25 Hz
d.      0,007 Hz
6.        Sebuah benda mampu bergetar sebanyak 95 kali dalam waktu 25 sekon. Besar periode getaran benda tersebut adalah …
a.       0,26 sekon.
b.      0,38 sekon
c.       0,45 sekon
d.      0,55 sekon
7.        Sebuah sumber getar, bergetar dengan frekuensi 90 Hz. Jika panjang gelombang yang terpancar 7 meter, cepat rambat gelombang tersebut adalah …
a.       530 m/s
b.      560 m/s
c.       630 m/s.
d.      660 m/s
8.        Jarak antara rapatan dan renggangan suatu gelombang longitudinal yang mempunyai periode 2 sekon adalah 20 m, cepat rambat gelombang tersebut adalah…
a.       25 m/s
b.      20 m/s.
c.       35 m/s
d.      45 m/s
9.        Keistimewaan gelombang elektromagnetik adalah …
a.       mempunyai amplitudo
b.      terdiri dari rapatan dan renggangan
c.       dapat melalui ruang hampa.
d.      Memerlukan medium
10.    Pengertian gelombang adalah …
a.       gerak getaran tali
b.      getaran bunyi yang terdengar
c.       gerak ombak laut
d.      getaran yang merambat.



B. ESSAY
1.        Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat gelombang!
2.        Sebuah pemancar radio dengan panjang gelombang 75 m, cepat rambatnya sebesar 3 x 108 m/s. Hitung frekuensinya!
3.        Sebuah pemancar mengudara dengan frekuensi 3 Mhz, jika cepat rambat gelombang radio 3 x 108 m/s, berapakah panjang gelombang radio tersebut!














JAWABAN TES TERTULIS
A.      Pilihan Ganda


1.      B
2.      C
3.      A
4.      B
5.      A
6.      A
7.      C
8.      B
9.      C
10.  D



B. ESSAY
1.        Sifat-sifat gelombang
a.    Pemantulan Gelombang (Refleksi)
Pemantulan adalah peristiwa pengembalian seluruh atau sebagian darisuatu berkas partikel atau gelombang bila berlkas tersebut bertemu dengan bidang batas antara dua medium.
b.    Pembiasan gelombang (Refraksi)
Perubahan arah gelombang saat gelombang masuk ke medium baruyang mengakibatkan gelombang bergerak dengan kelajuan yang berbeda disebut pembiasan.
c.    Perpaduan gelombang
Interferensi gelombang terjadi ketika ada dua buah gelombang yang bersatu (berpadu) Pelenturan gelombang (difraksi)
Difraksi (lenturan) terjadi ketika gelombang melewati sebuah celah sempit.
2.        Diketahui :
                                                                                                                        
Ditanya : f = ...?
Jawab :
    
3.        Diketahui:
      ;
Ditanya :
Jawab :                                                                                                                            


Penilaian Kognitif
Teknik Penilaian          : tes tertulis
Bentuk Instrumen       : soal pilihan ganda dan essay

KD
Indikator
NS
Soal
Ranah Kognitif
KJ
1.1Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.

Siswa dapat mendefinisikan perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal
1.
Pengertian gelombang adalah …

C1
(d)
2.
Menurut medium perambatannya gelombang dibagi menjadi 2 bagian yaitu…

C2
(b)
3.
Yang termasuk dalam gelombang transversal yaitu…

C1
(c)
4.
Banyak getaran yang dilakukan dalam waktu satu sekon disebut…

C2
(a)
Siswa dapat menjabarkan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
5.
Keistimewaan gelombang elektromagnetik adalah …

C2
(c)
Siswa dapat memberikan contoh sifat-sifat gelombang serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6.
Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena…

C3
(b)
Siswa dapat menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang
7.
Sebuah benda dapat bergetar sebanyak 3.250 kali dalam waktu 25 sekon. Frekuensi getaran benda tersebut sebesar…

C4
(a)
8.
Sebuah benda mampu bergetar sebanyak 95 kali dalam waktu 25 sekon. Besar periode getaran benda tersebut adalah …

C4
(a)


9.
Sebuah sumber getar, bergetar dengan frekuensi 90 Hz. Jika panjang gelombang yang terpancar 7 meter, cepat rambat gelombang tersebut adalah …

C4
(c)
10.
Jarak antara rapatan dan renggangan suatu gelombang longitudinal yang mempunyai periode 2 sekon adalah 20 m, cepat rambat gelombang tersebut adalah…

C4
(b)
1.
Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat gelombang!
C1

2.
Sebuah pemancar radio dengan panjang gelombang 75 m, cepat rambatnya sebesar 3 x 108 m/s. Hitung frekuensinya!

C6

3.
Sebuah pemancar mengudara dengan frekuensi 3 Mhz, jika cepat rambat gelombang radio 3 x 108 m/s, berapakah panjang gelombang radio tersebut!
C6


Penilaian sikap
Instrumen Penilaian Sikap
No urut
Nama siswa
Sikap
Keterangan
Kehadiran
Kerjasama
Pengumpulan tugas
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1















2















3















4















5

















Rubrik Penilaian Sikap
a.    Kehadiran
4 : sangat tepat waktu (sebelum pelajaran dimulai sudah hadir)
3 : tepat waktu (hadir tepat saat pelajaran dimulai)
2 : kurang tepat waktu (terlambat kurang dari 10 menit)
1 : tidak tepat waktu (terlambat lebih dari 10 menit)
b.    Kerja sama
4: sangat kompak, sangat menghargai pendapat teman
3: kompak, menghargai pendapat teman                                  
2 : kurang kompak, kurang menghargai pendapat teman         
1: tidak kompak, tidak menghargai pendapat teman
c.    Pengumpulan tugas
4: sangat tepat waktu (mengumpulkan tugas sebelum waktu habis)    
3: tepat waktu   
2: kurang tepat waktu (terlambat mengumpulkan tugas kurang dari satu hari)
1:  tidak tepat waktu (terlambat lebih dari 1 hari


Petunjuk penilaian
Nilai       = x100
Nilai       = x100
Instrumen Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan

Aspek yang dinilai
(skor maksimum)
Siswa
1
2
3
4
5
Siswa ke-n
1.      Menyiapkan bahan pembelajaran (20)







2.      Presentasi (40)








3.      Menganalisis hasil diskusi (20)







4.      Aktif berpendapat (20)







Skor total (100)








Rubrik penilaian ketrampilan
No
Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian/Skor
Baik
Cukup
Kurang
1
Menyiapkan bahan pembelajaran.

Menyiapkan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran dengan lengkap.
Menyiapakan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, kurang lengkap.
Menyiapkan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, tidak sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
2
Presentasi





Melakukan presentasi hasil diskusi. Dengan lengkap dan sesuai dengan materi.
Melakukan presentasi hasil diskusi. Namun, hasil diskusi yang dilakukan kurang lengkap.
Melakukan presentasi hasil diskusi. Namun, pekerjaannya tidak sesuai dengan materi.
3
Menganalisis 





Menganalisis hasil diskusi yang telah dilakukan dengan lengkap dan sesuai dengan konsep yang telah dipelajari.
Menganalisis hasil diskusi yang  telah dilakukan. Namun, kurang lengkap.
Menganalisis hasil diskusi yang telah dilakukan. Namun, tidak sesuai dengan konsep yang telah dipelajari.
 4
Aktif berpendapat







Sering memberikan pendapat dalam suatu diskusi kelompok maupun kelas.
Cukup sering memberikan pendapat dalam suatu diskusi kelompok maupun kelas.
Memberikan pendapat dalam suatu diskusi kelompok maupun kelas. Namun, hanya kadang kadang. 




Petunjuk penilaian
Nilai = x100
Nilai = x100

Surabaya,         Maret 2016

        Mengetahui                                                                               
Kepala Sekolah                                                                       Guru Fisika

..................................                                                                          ..................................
NIP :                                                                                                   NIP :



You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images